Beginilah Ketaatan Iblis Sebelum Makara Makhluk Pembangkang

Iblis dikenal sebagai makhluk pembangkang di muka bumi. Tidak hanya dirinya sendiri, mereka juga mengajak insan untuk melaksanakan hal serupa. Golongan ini dengan segala tipu dayanya akan menarik hati insan semoga terjerumus ke lembah neraka. 

Namun anda pasti sudah mengetahui jikalau makhluk ini dahulunya sangat taat kepada Allah. Bahkan, Iblis menjadi salah makhluk kesayangan-Nya. Namun kesombongannya untuk menyembah Nabi Adam Alaihis Salam membuatnya dilaknat selamanya.

Bahkan malaikat pun menangis tatkala Yang Mahakuasa menimbulkan iblis makhluk terlaknat.  Mengingat, sebelumnya makhluk yang dahulunya berjulukan Azazil ini begitu taat kepada Yang Mahakuasa dan dihormati oleh malaikat. Seperti apa ketaatannya? Berikut ulasannya.

Siapa yang menyangka musuh umat insan ini dahulunya memiliki ketaatan kepada Yang Mahakuasa yang begitu tinggi. Bahkan Iblis disebut dengan salah satu makhluk hebat ibadah atau al-Abid.

Dalam Kitab Karangan Al-Ghazali dijelaskan jikalau Iblis pernah tinggal di langit ke tujuh alasannya ketaatannya. Setiap Ia beribadah 1000 tahun, maka akan dinaikkan Yang Mahakuasa ke langit selanjutnya.

Pada langit pertama, Iblis diberi julukan Al-Abid atau hebat ibadah, setelah seribu tahun di sana, Ia dinaikkan ke langit kedua dengan julukan Az-Zahid (iblis hebat ibadah). Setelah seribu tahun beribadah, Yang Mahakuasa kembali mengangkatnya ke langit ketiga dan mendapat julukan al-Arif.

Pada langit keempat, namanya ialah al-Wali. Pada langit kelima, namanya disebut at-Taqi. Pada langit keenam namanya disebut al-Kazin. Pada langit ketujuh namanya disebut Azazil manakala dalam Luh Mahfudz, namanya ialah iblis.

Bahkan, alasannya begitu taatnya Yang Mahakuasa mengangkatnya ke derajat Al-Muqarrabun, yaitu derajat tertinggi di sisi Allah. Lebih dari itu, Yang Mahakuasa menobatkan Azazil sebagai imam para malaikat yang berkedudukan di langit.

Dalam Kitab hadist Sholawatul kabul akhbar karangan Syaikh Taftazani bin Basyumi dijelaskan bahwa Yang Mahakuasa SWT memperlihatkan mandat yang begitu mulia, yakni penjaga pintu surga selama 40 ribu tahun, hidup bersama malaikat selama 80 ribu, menjadi penasehat malaikat selama 20 ribu, menjadi pemimpin malaikat karobiyyun dalam waktu 30 ribu tahun. Iblis juga melakuka thowaf mengelilingi Arsy bersama malaikat selama 14 ribu tahun. 

Namun sayang, ibadah yang lama tersebut tidak dihiraukan Yang Mahakuasa ketika Iblis melanggar sekali kesalahan. Ia begitu sombong kepada Yang Mahakuasa ketika diperintahkan untuk sujud kepada Adam. Hal ini muncul alasannya iblis begitu iri alasannya Yang Mahakuasa SWT akan mengutus insan menjadi pemimpin di bumi. Sementara Ia , menganggap dirinya lebih baik dan lebih taat kepada Allah.

"Dan ingatlah ketika kami berfirman kepada para malaikat "Sujudlah kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia ialah dari golongan Jin, maka ia mendurhakai Tuhannya" (Q.S Alkahfi: 50)

.."Dan (ingatkanlah peristiwa) ketika Kami berfirman kepada malaikat: Sujudlah kau kepada Adam; maka mereka sujudlah melainkan iblis; ia berkata: Patutkah saya sujud kepada (makhluk) yang Engkau jadikan dari tanah (yang di adun)? Israa [61]"

Sejak ketika itu, Iblis diusir dari langit dan mendeklarasikan diri sebagai musuh Allah.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beginilah Ketaatan Iblis Sebelum Makara Makhluk Pembangkang"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top