Calon Penduduk Neraka yang Tidak Sempat Dilihat Nabi

Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang tidak mampu dipahami oleh logika ialah Isra Miraj. Dengan kuasa Allah, ia melaksanakan perjalanan menyusuri negeri dan menembus waktu. Salah satu yang dilihatnya ialah kehidupan penduduk neraka yang begitu mengerikan dan penuh siksa.

Di dampingi Malaikat Jibril, Nabi tidak berhenti bertanya perihal dosa yang dilakukan oleh penduduk neraka ini. Beliau berharap, kelak umatnya dapat menghindari dosa-dosa tersebut. Ternyata sebagian besar dosa itu sudah dilakukan umat semenjak kehidupan pada zamannya.

Namun, ada penduduk neraka yang tidak dikenali. Mereka melaksanakan perbuatan dosa yang sama sekali tidak pernah dilihat insan kesayangan Tuhan ini. Ternyata dosa tersebut justru terlihat pada masa kini. Tidak heran bila Nabi belum pernah melihat calon penghuni neraka ini sebelumnya. Siapa dan bagaimana dosa yang diperbuat?

Ternyata terdapat dua golongan yang akan menjadi calon penghuni neraka namun tidak dikenali oleh Nabi Muhammad SAW. Mereka ialah golongan pria yang membawa cambuk, serta wanita yang berjalan berlenggak-lenggok dengan kepalanya mirip punuk unta. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Muslim berikut ini.

Abu Hurairah ra menuturkan, Nabi Muhammad SAW bersabda “Ada dua macam penghuni neraka yang belum pernah terlihat olehku dikala ini. Pertama, orang-orang yang membawa cemeti mirip seekor sapi yang digunakannya untuk melecut manusia. Kedua, wanita-wanita yang berpakaian namun mirip telanjang dan cerdik merayu. Rambutnya disasak mirip punuk unta yang miring. Mereka tidak dapat masuk surga, bahkan tidak akan pernah mencium kedaluwarsa surga. Padahal kedaluwarsa surga dapat dicium dari jarak yang sangat jauh ” (HR. Muslim)

Hadist ini merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad dan menjadi bukti kenabiannya.  Pada zaman kehidupannya, kedua golongan ini belum ada sampai masa pemerintahan kekhalifahan Islam.

Golongan ini menjadi bahaya besar bagi kaum Muslim. Bahwa pada akhirnya, akan ada pria yang membawa cemeti yang mampu mencambuk sesukanya. Al Qurthubi meyebutkan hadits ini tatkala menafsirkan firman-Nya perihal cerita ‘Ad kaum Nabi Hud serta menyebutkan beberapa sifat-sifat tercela mereka yang dilarang Nabi mereka (Hud. As) :

Artinya : “Dan apabila kau menyiksa, maka kau menyiksa sebagai orang-orang kejam dan bengis.” (QS. Asy Syuara : 130)

Al Qurthubi menjelaskan ini merupakan sifat tercela namun banyak terjadi didalam badan umat. Mereka mampu mencambuk dan menyiksa insan lainnya dengan cemeti yang diartikan sebagai kekuasaan dan kekuatan yang dimiliki.

Dalam Markaz al Fatwa No. 50866 dijelaskan bila yang dikatakan dalam hadist ini mampu jadi polisi dan para pembantu penguasa yang dzalim. Mereka mampu menyiksa insan lainnya dengan kekuatan dan kekuasaan yang mereka miliki.

Sementara itu golongan kedua ialah wanita-wanita yang berpakaian namun mirip telanjang dan cerdik merayu. Rambutnya disasak mirip punuk unta yang miring. Pada zaman Nabi, wanita lebih memilih berada di dalam rumah dan menjaga kehormatan diri untuk melayani suaminya seorang. Mereka percaya bahwa dengan berbakti kepada suami sudah cukup sebagai bekal untuk menerima surga. Wallahualam, pada zaman kini, wanita-wanita yang disebutkan Nabi sudah banyak wira wiri.  Semoga Allah, tidak membiarkan kita lebih jauh masuk dalam golongan ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Calon Penduduk Neraka yang Tidak Sempat Dilihat Nabi"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top