Dua Hal Ini Rebutan Beri Syafaat Orang yang Berpuasa

Begitu banyak keistimewaan yang bisa diraih dari ibaadah berpuasa. Dari sisi kedokteran, puasa terperinci menyehatkan. Sedangkan kalau dikaji secara spiritual, acara menahan lapar, dahaga serta hawa nafsu ini bisa meningkatkan ketaqwaan.

Pahala besar juga menanti bagi mereka yang melaksanakan puasa dengan benar. Tidak hanya itu, ternyata ada dua hal yang berebut memperlihatkan syafaat kepada orang yang berpuasa. Keduanya memohon kepada Tuhan semoga diperbolehkan memberi dukungan ketika di Yaumil Mahsyar kelak.

Dua hal ini memang jarang diketahui oleh umat Islam. Padahal, keduanya berlomba-lomba ingin menjadi penolong tatkala matahari berada satu jengkal di atas kepala. Apakah dua syafaat tersebut? Berikut ringkasannya.

Ternyata dua hal yang ingin memperlihatkan syafaatnya kepada insan yang berpuasa ialah Syafaat Puasa dan Syafaat Alquran. Namun tentu saja meraihnya tidak cukup dengan hanya menahan lapar dan dahaga saja. Namun harus sungguh-sungguh menjalankan puasa dengan benar sesuai syariat. Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya menjelaskan wacana kedua sayafaat ini.

“Puasa dan Al Qur’an itu akan memperlihatkan syafaat kepada hamba kelak pada hari kiamat. Puasa akan berkata, “Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat di siang hari, maka perkenankanlah saya untuk memperlihatkan syafaat kepadanya” Dan Al Qur’an juga berkata, “Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, maka perkenankanlah saya untuk memberi syafaat kepadanya.” Beliau bersabda, “Maka syafaat keduanya diperkenankan.” (HR Ahmad, Hakim dan Thabrani)

Seperti diketahui ketika melaksanakan ibadah puasa seorang mukmin harus melaksanakan dua jihad sekaligus kepada dirinya. Pertama ialah jihad untuk menahan lapar, dahaga dan hawa nafsun pada siang hari. Sedang pada malam hari, insan harus berdiri malam melepaskan nikmatnya tidur lelap untuk berdiri sahur dan beribadah lainnya. Maka siapa yang bisa menggabungkan dua jihad ini dengan memenuhi hak-haknya dan bersabar melakukannya, niscaya diberi pahala tanpa hitungan.

Beruntunglah mereka yang menjalankan puasa dengan benar, yakni yang mengikuti syarat wajib serta fardhu dari puasa, yakni niat, menahan diri dari segala hal yang membatalkan, Tak lupa di malam harinya, ia isi dengan bertilawah membaca Al Qur’an sebagai bentuk rasa syukur.

Bisa dibayangkan, ketika insan sedang panik ketika di Padang Mahsyar, tiba-tiba kedua hal ini atas izin Tuhan memperlihatkan pertolongan. Tentu akan menjadi dukungan yang sangat menggembirakan bagi insan yang memang sangat membutuhkan dukungan ketika itu.

Ternyata, tidak hanya ketika berpuasa ketika bulan Ramadhan saja. Syafaat ini juga diberika kepada orang yang benar dalam menjalankan puasa pada waktu yang lain.

Sangat penting bahwa semua syafaat menerima izin Tuhan alasannya ialah semua syafaat kepunyaan Tuhan dan tak ada yang bisa memberi syafaat tanpa izinNya.

“Katakanlah: Hanya kepunyaan Tuhan syafaat itu semuanya. MilikNya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepadaNya kau dikembalikan.” (QS Az Zumar 44)

Semoga ibadah puasa tahun ini, kita jalani dengan penuh keikhlasan alasannya ialah Tuhan SWT. Agar Syafaat Puasa dan Syafaat Alquran, berebutan memperlihatkan dukungan kepada kita ketika Yaumil Mahsyar kelak. Aamiin ya Rabb.  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dua Hal Ini Rebutan Beri Syafaat Orang yang Berpuasa"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top