Inilah Kenikmatan yang Diperoleh Penghuni Surga ‘Adn

Surga merupakan tujuan utama bagi umat insan setelah hari simpulan zaman kelak. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi penghuni surga, alasannya ialah di sinilah Tuhan menjanjikan kenimatan pagi para penghuninya yang tidak mereka dapat selama di dunia.

Tentu saja surga menjadi hadiah bagi hamba Tuhan yang beriman dan senantiasa taat kepada-Nya. Ada beberapa nama surga yang disediakan Tuhan untuk kehidupan setelah di dunia kelak. Salah satunya berjulukan surga ‘Adn.

Surga ‘Adn ini diciptakan dari intan putih dan hanya dihuni oleh orang-orang pilihan saja. Ternyata penghuni dri surga ini kelak akan dilimpakah aneka macam macam kenikmatan oleh Tuhan SWT. Lantas kenikmatan apa saja yang akan diperoleh penghuninya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Janji Tuhan SWT Kepada Orang Mukmin Laki-laki dan Perempuan
Kenikmatan pertama yang akan diperoleh para penghuni surga ‘Adn ialah bahwa Tuhan SWT telah menjanjikan surga tersebut bagi lelaki dan perempuan mukmin. Hal ini terdapat dalam firman-Nya, Tuhan Ta’ala berfirman:

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, awet mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Tuhan ialah lebih besar; itu ialah keberuntungan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 72)

2. Balasan Bagi Hamba Tuhan SWT yang Benar-Benar Taat Kepada-Nya
Tidak hanya dijanjikan bagi lelaki dan perempuan mukmin, ternyata Tuhan menawarkan kenikmatan bagi para penghuni surga ‘Adn bahwa surga tersebut merupakan tanggapan bagi hamba Tuhan SWT yang benar-benar taat kepada-Nya. Di dalam surga ini berkumpullah orang-orang shaleh. Tuhan Ta’ala berfirman:

“(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bahu-membahu dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (Q.S. Ar-Ra’d : 23)

3. Balasan Bagi Orang yang Bertakwa

Kenikmatan surga ‘Adn selanjutnya ternyata surga mengagumkan tersebut ialah tanggapan yang diberikan oleh Tuhan SWT bagi hamba-Nya yang bertakwa. Di surga ini mengalir sungai-sungai, serta setiap penghuninya diberi keleluasaan untuk menerima apapun yang mereka inginkan. Tuhan Ta’ala berfirman:

“(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Tuhan memberi tanggapan kepada orang-orang yang bertakwa” (Q.S. An-Nahl : 31)

4. Kenikmatan Berada di Surga ‘Adn

Ketika insan terpilih menjadi salah satu penghuni surga ‘Adn, maka di ketika itulah beranekaragam kenikmatan akan diperoleh. Mereka tidak hanya akan memperoleh apapun yang diinginkan, akan tetapi Tuhan SWT menghadiahi mereka dengan aneka macam macam perhiasaan dan kemewahan yang tidak ada bandingannya di muka bumi ini. Tuhan Ta’ala berfirman:

“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan daerah istirahat yang indah” (Q.S. Al-Kahfi : 31)

5. Surga ‘Adn itu Memang Janji Tuhan SWT
Kenikmatan selanjutnya ialah bahwa surga ‘Adn ini sudah memang merupakan kesepakatan dari Tuhan SWT. Maka dari itu, percayalah bahwa Tuhan ialah Dzat yang senantiasa menepati janji. Seperti halnya firman Tuhan yang artinya:

“yaitu syurga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya kesepakatan Tuhan itu pasti akan ditepati. (Q.S. Maryam : 61)

6. Balasan Bagi Orang-Orang yang Bersih Dari Kesesatan dan Kemaksiatan
Ternyata surga ‘Adn merupakan kenikmatan bagi mereka yang bersih dari kesesatan dan kemaksiatan selama hidup di dunia. Bahkan dikatakan dalam sebuah ayat bahwa penghuni surga ini akan berada awet di dalamnya. Tuhan Ta’ala berfirman:

“(yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka awet di dalamnya. Dan itu ialah tanggapan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan)” (Q.S. Thaahaa : 76)

7. Perhiasan dan Pakaian di Surga ‘Adn
Para penghuni surga ‘Adn kelak akan menerima kenikmatan yang luar biasa. Dia antaranya mereka akan menerima kenyamanan, keindahan, kekekalan. Bahkan penghuninya kelak akan berikan oleh Tuhan SWT segala macam suplemen yang tentu saja memiliki nilai kemewahan tiada tara. Tuhan Ta’ala berfirman:

“(Bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi suplemen dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya ialah sutera” (Q.S. Faathir : 33)

8. Keberuntungan yang Besar
Tidak hanya akan diberikan bermacam suplemen yang indah, ternyata menjadi penghuni surga ‘Adn merupakan keberuntungan yang besar bagi umat manusia. Tuhan Ta’ala berfirman:

Niscaya Tuhan akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke daerah tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (Q.S. Ash-Shaaff : 12)

9. Balasan Bagi Orang yang Takut Kepada Tuhan SWT
Kenikmatan surga ‘Adn ternyata juga diperuntukkan bagi hamba Tuhan yang takut kepada-Nya. Tentu saja hal ini setimpal dengan apa yang sudah diperbuat insan tersebut selama hidup di dunia. Tuhan SWT berfirman yang artinya:

“Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka awet di dalamnya selama-lamanya. Tuhan ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu ialah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya” (Q.S. Al-Bayyinah : 8)

10. Tempat Kembali yang Baik

Kenikmatan terakhir dari surga ‘Adn ialah ternyata surga ini merupakan daerah kembali yang baik. Selain keindahan dan kemewahan, para penghuni surga ini juga akan disuguhkan aneka macam macama buah-buahan dan minuman serta bidadari yang canntik jelita.

“(yaitu) syurga 'Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka, di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan) sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu. Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya. Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari berhisab” (Q.S. Shaad : 50-53)

Demikianlah informasi mengenai kenikmatan yang akan diperoleh para penghuni surga ‘Adn. Tentu saja semua orang akan berlomba-lomba mengerjakan amalan kebaikan demi menerima kenikmatan dari surga ini. Maka dari itu persiapkanlah bekal untuk menjadi hamba pilihan Tuhan yang akan menjadi salah satu penghuni surga ‘Adn tersebut.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Kenikmatan yang Diperoleh Penghuni Surga ‘Adn"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top